Grup G Piala Dunia 2018

Sengitnya Laga Grup G Piala Dunia 2018 Nanti

Ada sensasi lain yang diperlihatkan oleh Diego Maradona yang raih kehormatan jadi salah satu sosok yang umumkan hasil undian babak penyisihan grup Piala Dunia 2018 nanti. Ada ekspresi wajah yang sedikit pongah dari legenda sepak bola asal Argentina itu saat ia buka lembaran undian, dan Inggris jadi nama yang muncul.

Tak mengherankan sebab Maradona pernah membuat Inggris malu lewat cetak angka tangan tuhan dan 1 cetak angka sensasional lain di Piala Dunia 1986. Raut wajah agul dari Maradona itu apakah akan menjadi pertanda kalau Inggris akan (kembali) bermain mengecewakan di ajang Piala Dunia 2018 nanti yang berlangsung di Rusia?

Tim Unggulan: Belgia

Inggris tergabung bersama dengan Belgia, Tunisia, dan negara debutan, Panama. Negara mana yang punya kesempatan paling besar untuk lolos? Negara mana yang akan jadi tim kuda hitam dan akan membuat tim lain kesulitan?

Inggris terus berada di posisi sebagai negara yang difavoritkan melangkah terus jauh di tiap kompetisi internasional baik Piala Eropa ataupun Piala Dunia. Selain karena faktor eksploitasi media, tim nasional Inggris pada sejarahnya terus bermain superior di babak kualifikasi. Pada edisi kali ini saja, skuat yang di besut oleh Gareth Southgate bermain sempurna. Mereka sukses berada di puncak Grup F kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa dengan tak sekalipun alami hasil buruk.

Namun Inggris adalah Inggris, mereka terus dapat membunuh ekspektasi untuk siapapun yang berharap mereka akan bermain oke di sebuah turnamen internasional. Maka, kontestan lain di Grup G, Belgia, merupakan tim unggulan yang paling difavoritkan untuk bisa melenggang mulus pada babak berikutnya.

Inggris memang bermain luar biasa di babak kualifikasi, namun performa Belgia lebih mengesankan lagi. Darri 10 laga di Grup H kualifikasi Piala Dunia zona Eropa, Belgia sukses menangkan 9 laga di antaranya. Cuma 1 pertandingan yang berakhir seri, yaitu saat mereka berhadapan dengan Yunani, di mana skor berakhir imbang 1-1 pada tanggal 13 November 2016 lalu.

Terlebih lagi, Belgia yang sekarang ini dipimpin oleh Roberto Martinez, sedang ada dalam generasi emas dalam sejarah sepak bola mereka. Komposisi The Red Devils yang sekarang ini isinya para pemain seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Dries Mertens, Jan Vertonghen, Yannick Carrasco, Romelu Lukaku, dan tentunya sang joker, Marouanne Fellaini. Potensi Belgia malah bukan saja untuk sekadar berada di puncak grup G saja, mereka malah mungkin saja melangkah jauh di Piala Dunia edisi kali ini.

Kuda hitam: Panama

Piala Dunia edisi tahun 2018 ini bakal jadi peluang pertama untuk Panama untuk bermain. Negara semenanjung itu dengan mengejutkan sukses unggul dari tim favorit Amerika Serikat di klasemen akhir kualifikasi Piala Dunia zona CONCACAF yang mempertandingkan kesebelasan-kesebelasan antar negara Amerika Utara dan Karibia.

Perkembangan Panama begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir. Para imigran dari Meksiko dan wilayah Amerika Selatan memegang peranan penting. Dari negara yang selalu menjadi bulan-bulanan, Panama telah tidak bisa lagi dilihat dengan sebelah mata. Mereka bermain luar biasa di 4 edisi terakhir Piala Emas CONCACAF, di mana pada tahun 2013 lalu, mereka sukses keluar sebagai runner-up. Panama mungkin menjadi tim yang akan bermain merepotkan, dan malah menjegal peluang kontestan lain untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Partai yang perlu ditunggu adalah Inggris melawan Belgia

Di antara 6 pertandingan yang dipertandingan di Grup G, pertandingan di hari terakhir antara Belgia berhadapan dengan Inggris akan menjadi yang paling seru. Karena bisa jadi pertandingan yang digelar pada 28 Juni 2018 di Kaliningrad Stadium tersebut akan menjadi laga hidup mati. Bisa jadi laga tersebut akan menjadi penentuan juara grup, atau bahkan, yang menentukan kelanjutan keikutsertaan masing-masing negara di Piala Dunia 2018.

Inggris tidak pernah kalah dari Belgia dari 11 pertemuan terakhir mereka. Tetapi Belgia tentunya sudah berkembang jauh ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Apalagi, para pemain Belgia kebanyakan berkarier di Liga Primer Inggris. Bahkan pelatih Roberto Martinez pun, kariernya menanjak di sana. Maka laga antara Inggris berhadapan dengan Belgia akan menjadi pertandingan yang paling menarik dan patut dinantikan di Grup G Piala Dunia 2018.